Langkah Pertolongan Pertama Luka Bakar

  • Whatsapp

Kita semua perlu mempelajari dasar-dasar pertolongan yang yang bisa kita pakai sebagai bekal menghadapi keadaan darurat. Ada berbagai macam keadaan darurat yang bisa ditemui oleh seseorang. Maka kita harus belajar seperti CPR dan juga pertolongan pertama luka bakar. Biasanya keadaan darurat tidak jauh atau tidak lepas dari 2 hal tersebut.

Read More

Kenali Jenis Luka Bakar

Luka bakar memiliki tingkatan dan jenis yang berbeda-beda. Setiap tingkat ataupun setiap jenis memiliki proses penanganan yang juga berbeda. Kita perlu melihat luka bakar seperti apa yang diderita oleh orang tersebut. Luka bakar digolongkan menjadi tiga yakni luka bakar tingkat pertama, tingkat kedua, tingkat ketiga.

Luka bakar tingkat pertama memiliki ciri yang tidak terlalu parah. Kulit merah dan juga sedikit perih adalah salah satu ciri-ciri luka bakar tingkat pertama. Cara penanganannya cukup dengan memberikan air ataupun es pada luka. Luka bakar tingkat pertama memiliki luas kurang dari 8 cm. Tingkat pertama ini biasanya luka akan langsung sembuh (tidak serius).

Luka bakar derajat kedua merupakan luka bakar yang cukup serius. Ciri-cirinya yakni sangat perih kulit melepuh juga terjadi di bagian tubuh yang penting. Luka ini membutuhkan perawatan medis sesegera mungkin. Luka bakar tingkat kedua akan sembuh dalam waktu lebih dari 3 minggu. Hal itu menandakan bahwa luka bakar tingkat kedua ini sudah tergolong parah.

Luka bakar tingkat ketiga merupakan tingkat luka bakar yang paling parah. Ciri-cirinya yakni tulang sudah terlihat atau otot sudah terbakar. Pada jenis luka bakar ini biasanya korban memiliki kulit yang sudah terbakar hangus. terjadinya keracunan karbon monoksida juga sesak nafas adalah hal yang sangat mungkin terjadi pada luka bakar tingkat ke-3.

Pertolongan Pertama

Pada luka bakar tingkat pertama kita hanya perlu memberi es kepada si penderita. Hal tersebut sudah akan sangat membantu dan meredakan nyeri dari luka bakar tingkat pertama yang dimilikinya. Luka bakar tingkat pertama biasanya ada di posisi yang tidak terlalu berbahaya seperti di betis ataupun di telapak tangan.

Ketika Anda mengalami luka bakar tingkat kedua maka Anda disarankan untuk langsung saja menuju ke dokter. Seperti yang kita tahu luka bakar tingkat kedua terus sudah tergolong cukup parah maka dari itu kita harus segera menuju ke rumah sakit ataupun dokter untuk mendapatkan penanganan darurat. Biasanya dokter akan memberikan anti nyeri.

Luka bakar tingkat ketiga tidak jauh berbeda karena luka bakar ini merupakan salah satu yang paling parah. Tetapi kita perlu melihat luka korban jika terlalu luas maka kita tidak boleh memberikan es ataupun mentega karena itu dapat berbahaya bagi kulit korban. Paling tidak kita perlu mengetahui dasar pertolongan pertama luka bakar untuk hadapi keadaan darurat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *