Susah Tidur? 7 Hal ini Bisa Menjadi Penyebab Anda Mengalami Insomnia Menurut SehatQ

  • Whatsapp

susah-tidur-7-hal-ini-bisa-menjadi-penyebab-anda-mengalami-insomnia-menurut-sehatq

Semua orang butuh tidur untuk memulihkan tenaga. Tidak hanya itu, tidur juga menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Selama tidur, terutama tidur di malam hari, organ-organ tubuh Anda mengalami regenerasi. Organ hati yang bertugas menangkal racun dalam tubuh juga berperan aktif selama Anda tidur nyenyak di malam hari. Jadi, tidur bisa menghindarkan Anda dari berbagai direktori penyakit berbahaya yang mungkin Anda alami.

Read More

Bagi sebagian orang, tidur adalah aktivitas yang sangat mudah. Bahkan ada pula sebutan pelor atau nempel molor untuk orang-orang yang bisa langsung tertidur ketika nempel kasur atau bantal. Bagi sebagian yang lainnya, tidur menjadi aktivitas yang sangat berat dan susah. Kenapa bisa demikian?

Penyebab Susah Tidur

Ada beberapa penyebab seseorang mengalami susah tidur atau insomnia hingga membuatnya sering begadang. Apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa di antara penyebab seseorang mengalami susah tidur.

1. Stress

Penyebab yang pertama karena stress. Ketika seseorang mengalami stress, cemas, dan memiliki beban pikiran yang menumpuk, orang tersebut memiliki kecenderungan mengalami susah tidur, terutama di malam hari.

2. Faktor lingkungan

Penyebab yang kedua adalah faktor lingkungan, seperti suasana yang bising, pencahayaan yang tidak pas, hingga suhu yang ekstrem. Ada beberapa orang yang tidak bisa tidur dalam kondisi tertentu. Anda bisa mengubah kondisi ini untuk membuat Anda merasa nyaman sehingga bisa tidur dengan mudah.

3. Konsumsi obat-obatan tertentu

Insomnia juga bisa disebabkan oleh efek samping dari konsumsi obat-obatan tertentu. Obat tertentu memang memiliki efek samping demikian. Setelah Anda lepas pengobatan, biasanya masalah tidur ini ikut menghilang.

4. Perubahan jam tidur

Penyebab keempat dari susah tidur adalah perubahan jam tidur. Adanya perubahan jam tidur ini bisa disebabkan oleh jet lag atau bisa juga karena jam kerja yang berganti dari siang ke malam.

5. Tidak punya rutinitas sebelum tidur

Penyebab lainnya dari susah tidur adalah Anda tidak punya rutinitas sebelum tidur. Apakah rutinitas ini penting? Ternyata, rutinitas kecil sebelum tidur membantu tubuh bersiap-siap untuk istirahat. Jika Anda terbiasa langsung tertidur tanpa melakukan ritual tertentu, sebaiknya mulai perbaiki rutinitas Anda untuk tidur yang lebih berkualitas.

6. Terlalu banyak kafein

Kafein juga bisa menjadi penyebab Anda mengalami insomnia atau susah tidur. Kafein merupakan kandungan yang ada pada kopi. Jika Anda terlalu banyak minum kopi hari ini, mungkin inilah yang menyebabkan Anda tidak bisa tidur hingga pagi menjelang.

7. Bermain gadget sebelum tidur

Siapa yang suka main gadget sebelum tidur? Jika Anda salah satunya, coba kurangi kebiasaan ini agar Anda bisa cepat tertidur. Blue light dari gadget membuat tubuh Anda terjaga lebih lama. Begitu juga dengan aktivitas yang menyertainya, seperti aktivitas chatting dengan orang lain.

Nah, itulah 7 hal yang bisa menyebabkan seseorang mengalami insomnia atau susah tidur. Kondisi sulit tidur hingga menyebabkan Anda begadang sepanjang malam tidak baik untuk kesehatan. Segera lakukan sesuatu jika kebiasaan ini sudah mengganggu produktivitas Anda. Salah satu caranya yaitu dengan konsultasi dengan dokter.

Konsultasi dengan dokter kini sudah bisa dilakukan secara online melalui platform kesehatan digital seperti SehatQ. Aplikasi ini membantu Anda mendapatkan layanan kesehatan digital melalui ponsel pintar Anda, kapanpun dan di mana pun. Dengan satu aplikasi, Anda bisa menggunakannya untuk konsultasi dengan dokter ahlinya, memesan obat-obatan dan peralatan medis secara online hingga mencari tahu informasi terkini seputar dunia kesehatan dan direktori penyakit.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *